Bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras

Banyak orang yang menginginkan perusahaan yang mereka kelola bisa berkembang hingga sepuluh kali lebih besar atau bahkan lebih. Dan hampir semua dari mereka melakukan kesalahan yang sama, sehingga perusahaan mereka tidak bisa menjadi seperti apa yang diharapkan, yaitu menganggap bahwa untuk menjadi sepuluh kali lebih besar, mereka harus bekerja sepuluh kali lebih keras.


Terdapat banyak perusahaan yang ukurannya lebih besar dari perusahaan Anda, dan Anda perlu tahu bahwa perusahaan-perusahaan tersebut tidak melakukan pekerjaan mereka 10 kali lebih keras daripada yang Anda lakukan. Perusahaan-perusahaan tersebut bekerja dengan lebih cerdas.

Sebagai contoh, sebuah salon kecantikan muslimah yang telah memiliki lebih dari 300 pelanggan tetap yang datang 1 kali setiap tiga bulan untuk melakukan perawatan. Pada titik tertentu salon ini merasa bahwa usaha mereka dalam mendapatkan dan memuaskan hati para pelanggan semakin menurun di beberapa bulan terakhir. Dan mereka berusaha menemukan cara untuk mengembangkan salon agar bisa menjadi lebih besar.

Alih-alih berjuang keras untuk mendapatkan 100 pelanggan baru, bagaimana jika fokus, bekerja cerdas agar membuat 300 pelanggan lama menjadi datang ke salon sebanyak 2 kali dalam sebulan?

Hampir di semua sektor usaha menggunakan data produk dalam proses penjualan, seperti halnya salon ini. Mereka menyampaikan bahwa “hanya dengan biaya X kami akan memberikan paket pelayanan sebanyak Y buah”. Menggunakan data produk memang mudah untuk dilakukan, namun ini memiliki nilai strategis yang kecil.

Yang harus dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan hanyalah dengan menampilkan data pasar dan fakta yang terjadi di masyarakat. Anda bisa mendapatkannya dengan melakukan riset kecil-kecilan atau internet bisa memudahkan Anda untuk menemukannya.

Misalnya, punggung merupakan bagian tubuh kita yang sulit terjangkau saat mandi, dan bahkan sering terabaikan dibanding bagian tubuh lainnya. Hal ini dapat menimbulkan masalah jerawat punggung, dan kulit terasa kasar serta berbagai masalah lainnya.

Ironisnya, kebanyakan dari kaum pria senang memainkan bagian punggung saat melakukan hubungan suami istri. Dan Anda para istri juga tau bahwa bagian tersebut adalah favorit Anda. Tentunya Anda tidak ingin merusak keharmonisan hubungan suami istri, hanya karena suami Anda enggan menyentuh punggung Anda yang berjerawat saat berhubungan suami istri. Dan ini adalah kesalahan fatal yang sering terabaikan. Kondisi ini menuntut Anda untuk melakukan perawatan punggung secara berkala.

Riset membuktikan bahwa perawatan punggung, atau Beautiful Back Spa, dapat mengurangi timbulnya jerawat pada punggung dan membuat kulit punggung menjadi lebih halus dengan perawatan secara rutin.

Data di atas adalah contoh bagaimana data pasar dapat meningkatkan penjualan/permintaan produk atau jasa ketika mungkin orang-orang bahkan tidak merasa bahwa mereka membutuhkan produk atau layanan tersebut. Kebanyakan orang menganggap bahwa perawatan bagian dalam tubuh kurang begitu penting, karena tidak terlihat oleh orang lain. Alasan menjaga keharmonisan hubungan suami istri dapat menempatkan pelayanan perawatan punggung menjadi sama pentingnya dengan konsultasi hubungan suami istri.

Dengan data pasar tersebut salon ini bisa membuat program Pelayanan Khusus untuk mendapatkan pelanggan yang akan meminta perawatan punggung sebanyak dua kali dalam sebulan.

Salon tersebut memiliki 300 pelanggan yang datang 1 kali dalam 3 bulan, berarti ada 100 pelanggan tetap dalam sebulan. Dengan asumsi terburuk, hanya ada 30% dari pelanggan lama yang mau mengambil program ini, maka ada 90 orang (30% dari 300 pelanggan) akan datang ke salon sebanyak 2 kali. Berari dalam sebulan, salon dapat menjual 180 layanan perawatan punggung ditambah 100 perawatan lainnya dari pelanggan tetap yang lama. Peningkatan penjualan sudah lebih dari 200%, belum lagi pengunjung lain yang bukan pelanggan.

Untuk membangun perusahaan agar menjadi 10 kali lebih besar, tidak perlu melakukan pekerjaan 10 kali lebih keras. Bukankah lebih cerdas mengambil 10 strategi bisnis yang terbukti ampuh, daripada menggunakan 100 macam ide tapi tanpa keampuhan sama sekali?